Sabtu, 08 Februari 2014

Cetak Sejarah MotoGP, Marquez: Mimpi Jadi Kenyataan


Marc Marquez
Sebagai rookie Repsol Honda musim ini, pembalap asal Spanyol tersebut menobatkan dirinya sebagai juara dunia baru setelah menyelesaikan 30 lap dan finis di peringkat ketiga di Sirkuit Riccardo Torno, Valencia, Ahad (10/11).
Marquez mencatat sejarah di ajang balap level premier MotoGP tersebut dengan menjadi pembalap debutan pertama yang meraih gelar juara dunia setelah Kenny Roberts senior pada 1978.
Seluruh tim Repsol Honda menyambut kemenangan Marquez dengan suka cita, bahkan pembalap berusia 20 tahun itu sempat melakukan selebrasi dengan melemparkan sarung tangan kepada penggemarnya di tribun penonton.

“Ini seperti mimpi yang menjadi kenyataan, saya telah mencetak sejarah di MotoGP dan saya hanya bisa mengucapkan terima kasih kepada tim Honda serta keluarga atas dukungannya di musim ini,” ujar Marquez seusai balapan.
Dari 17 seri yang dijalani musim ini, Marquez termasuk yang paling konsisten. Dia hampir tidak pernah lepas dari posisi podium. Hanya satu kali pembalap yang menjuarai Moto2 musim lalu itu melepas podium ketika mendapatkan diskualifikasi di GP Australia, karena dianggap melanggar aturan.
Kedatangan Marquez di musim ini memberikan persaingan yang baru bagi pembalap senior lainnya, terutama sang juara dunia musim lalu, Jorge Lorenzo.
Di usia yang masih muda, pembalap dengan nomor motor 93 itu dikenal sangat agresif dan kerap menyulitkan para pesaingnya. Bahkan, dia tidak ragu untuk mengambil risiko dan jatuh bangun di lintasan balap. Marquez tercatat mengalami 15 kali insiden kecelakaan musim ini, sedangkan Lorenzo hanya tiga kali.
Lorenzo gagal mempertahankan gelar juara dunia yang diraihnya pada musim lalu. Meskipun finis di urutan pertama dengan catatan waktu 46:10,32 detik, namun kans Lorenzo untuk mempertahankan gelar memang cukup tipis.
Akan tetapi dengan podium yang diraihnya, pembalap Yamaha tersebut menobatkan dirinya sebagai peraih kemenangan terbanyak, yakni delapan kali pada musim ini. “Saya cukup puas dengan hasil final hari ini dan Marquez memang pantas untuk meraih gelar juara,” ujar Lorenzo.
Berikut adalah klasemen akhir MotoGP 2013:
Marc Marquez, Honda  334
Jorge Lorenzo, Yamaha  330
Dani Pedrosa, Honda  300
Valentino Rossi, Yamaha 237
Cal Crutchlow, Yamaha 188
Alvaro Bautista, Honda 171
Strefan Bradl, Honda 156
Andrea Dovizioso, Ducati 126
Nicky Hayden, Ducati 140
Bradley Smith, Yamaha 116
 http://www.republika.co.id

0 komentar:

Posting Komentar