Kamis, 06 Februari 2014

10 Mobil Terburuk Sepanjang Masa

Berikut ini 10 Mobil Terburuk Sepanjang Masa menurut Edmunds.com seperti dikutip Rabu (12/12/2012):
1. Pontiac Aztek 2001
Oleh edmunds.com, sang juara tidak hanya digambarkan memiliki wujud yang sangat buruk, tetapi juga mempunyai satu ciri yang khas: ia telah menghancurkan sebuah produsen otomotif yang telah berumur 84 tahun.
Tidak ada satu pun dari 9 mobil terburuk sebelumnya yang seperti Aztek dalam menciptakan dampak negatif yang begitu hebatnya pada sebuah brand yang telah sukses dan mapan. Oleh Oldham, Aztek diandaikan sebagai bencana besar bagi Pontiac. Setelah kemunculannya GM tidak mampu menyelamatkan Pontiac tidak peduli apapun yang telah mereka lakukan.
2. Ford Mustang 1974
Mustang adalah mobil ikonik dengan masa lalu yang megah, namun Ford menemui batu sandungan pada 1974 dan sempat merusak citra brand Mustang yang telah melegenda.
Dengan menyandang nama Mustang, maka orang akan mengidentikkannya dengan sejarahnya yang gemilang sebagai mobil berotot dan bertenaga. Menurut Oldham, "Ketika anda menilik sejarah Mustang, mobil ini seharusnya tak pernah ada dan tidak pantas menyandang nama Mustang. Bentuknya tidak menarik, tidak bertenaga, dan tidak sepadan dengan namanya".
Namun Ford berkilah, kata Oldham, tahun 1970 adalah tahun yang sulit bagi industri otomotif AS karena mereka mesti menyesuaikan diri dengan melonjaknya harga bahan bakar, regulasi yang ketat, dan kompetisi yang keras denga Jepang.

3. BMW Isetta 1955
Barangkali tidak ada yang menyangka akan menemukan BMW dalam daftar mobil terburuk ini. Mobil ini bermesin satu silinder, 12-hp, dan memiliki hanya satu pintu.
Bila dilihat sejarahnya, mobil ini merefleksikan sejarah otomotif Jerman untuk kembali berdiri di atas kaki mereka setelah Perang Dunia II. Pada masa itu sulit untuk mendapatkan bahan bakar di jalanan Jerman, maka mereka menciptakan mobil yang sangat kecil dan sangat ekonomis.
Oldham menyatakan, "Mobil ini adalah mobil yang konyol, hanya memiliki satu pintu, 5 tenaga kuda, dan bagian ekor yang sangat sempit. Nyaris mirip bemo. Dan kami tidak memahami mengapa ada orang yang mau membelinya."
4. Yugo 1987
Mobil buatan Serbia ini memang sudah sering muncul dalam daftar mobil terburuk.
Yugo 1987 adalah Fiat 127 versi Serbia yang dibuat di bawah lisensi Fiat dan dijual dengan harga jauh lebih murah dari Fiat 127. Sempat terjual sebanyak 141.511 unit di Amerika dalam kurun waktu 1985-1991.
"Mobil ini payah dalam segala hal, kualitasnya payah, performanya payah, dan seakan-akan mobil ini hendak runtuh ketika dikendarai," tulis edmunds.com.
5. Chevrolet Vega 1971
Vega disebut sebagai pendahulu Saturn Ion sebagai simbol kegagalan GM di pasar small-car.
Diluncurkan bersamaan dengan krisis bahan bakar akibat embargo minyak, pada saat yang sama bermunculan regulasi-regulasi yang menghambat penjualan di dunia otomotif, salah satunya adalah regulasi keselamatan berkendara AS yang baru diluncurkan waktu itu. Hal ini memaksa para produsen mobil untuk memproduksi samll-car, sesuatu yang pada saat itu tidak benar-benar mereka pahami.
"Jepang siap untuk menerkam peluang itu", dan itulah yang sudah mereka lakukan.
Edmunds.com menyebut Vega sebagai "mobil yang mengundang orang-orang Amerika untuk membeli Toyota dan Honda". Barangkali mobil terburuk sepanjang masa kelima masih terlalu bagus untuk Vega, menurut edmunds.com.
6. Saturn Ion 2003
Dianggap tidak nyaman, berisik, kualitasnya buruk, sulit dikendarai, dan interiornya tidak matched satu sama lain. Celah antar panel bodinya yang terbuat dari plastik juga dianggap terlalu lebar. Padahal pasa masa itu kompetisi pasar sedang luar biasa ketatnya mengingat Totota dan Honda masing-masing memiliki produk unggulan yang diterima pasar dengan baik.
Mobil ini yang tadinya diharapkan mampu menginspirasi kebangkitan industri otomotif dalam mengimbangi kekuatan otomotif Jepang disebut teramat jauh dari arena kompetisi sejak hari pertama mobil ini diperkenalkan.
7. Edsel Corsair 1958
Hampir tidak mungkin membuat daftar 10 mobil terburuk tanpa menyebutkan mobil ini di dalamnya. "Kegagalan legendari dari semua kegagalan otomotif," tulis edmunds.com
Menurut Oldham, pasar tidak menyukainya dan menyebutnya tidak menarik, dimulai dari grill vertikal yang tidak biasa pada masa itu, dan lampu belakang horisontal, berlawanan dengan selera pasar otomotif pada masa itu.
8. Cadillac Cimarron 1982
Mobil ini adalah simbol kegagalan GM di era 1980an dan disebut-sebut turut andil menenggelamkan GM dari percaturan dunia otomotif hingga nyaris punah.
GM mencoba meladeni tantangan BMW dalam merebut pangsa pasar mobil mewah dengan mendekorasi ulang Chevrolet Cavallier empat silinder dan menamainya Cadillac. Namun pasar meresponnya negatif dan semakin memperjelas perbedaan BMW dengan Cadillac dalam kemampuannya memahami keinginan konsumen mobil mewah.
9. Trabant 1957
Ternyata tidak hanya negara kapitalis saja yang turut andil menciptakan mimpi buruk dalam dunia otomotif, negara komunis pun juga bisa. Edmunds.com menyebut Trabant 1957, dua silinder, mesin dua langkah dari Jerman Timur, sebagai "satu lagi alasan mengapa komunisme itu harus dilawan".
Jerman Timur menciptakannya untuk mencoba mengimbangi VW Beetle. Faktanya mobil ini memang cukup laris di negara asalnya, mengingat kurangnya kompetisi, bahkan juga diekspor, walaupun kadang-kadang.
Pada beberapa hal, mobil ini memang dianggap bisa disejajarkan dengan VW Beetle, namun perbedaannya yang mencolok adalah VW Beetle sukses penjualannya di seluruh dunia, sedangkan Trabant dianggap sebagai kegagalan spektakuler.
10. Oldsmobile Cutlass Supreme Diesel 1979
The Cutlass adalah salah satu mobil paling laris dalam sejarah otomotif AS. GM menyadari hal itu, oleh karena itu GM mencoba memanfaatkannya dan mencoba megembangkan versi dieselnya pada akhir 1970an. Namun sayang, karena belum terlalu menguasai teknologi diesel akhirnya mobil ini gagal di pasaran, GM disebut-sebut mencoba memasarkan teknologi yang belum siap untuk diluncurkan. Karena kegagalannya, mobil ini dituduh sebagai biangkeladi mengapa konsumen otomotif AS hingga detik ini anti terhadap diesel. (LUK/IGW)
 http://bisnis.liputan6.com

0 komentar:

Posting Komentar